KATA  PENGANTAR

Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, penyusunan Kurikulum SMP Muhammadiyah 19 Sekaran  dapat  terselesaikan. Penyusunan kurikulum ini dilakukan bersama-sama oleh  guru, konselor, komite sekolah, SMP Muhammadiyah 19 Sekaran  dengan bimbingan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamongan.
Penyusunan Kurikulum ini dilakukan sebagai aktualisasi kemampuan profesionalisme guru dibidang pengembangan kurikulum dengan  merujuk pada Permendiknas Nomor : 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, Permendiknas Nomor : 23 Tahun 2006 tentang  Standar  Kelulusan, Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor : 23, 24 , serta Panduan  Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang dikeluarkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidkan) Tahun  2006. Serta Permendiknas Nomor 160 Tahun 2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013
Kami menyadari bahwa  Kurikulum yang telah kami susun ini masih memiliki banyak kelemahan dan jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala kritik, saran, dan masukan yang kontruktif dari berbagai pihak yang kompeten sangat kami harapkan. Kurikulum ini juga perlu dievaluasi dan disempurnakan  setiap tahun sesuai dengan  situasi dan kondisi serta  perkembangan  Ilmu pengetahuan tehnologi dan seni. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini dimaksudkan  dapat  digunakan sebagai pedoman sekaligus sebagai acuan operasinal dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran disekolah .
Akhirnya  kami mengucapkan banyak terima kasih  kepada semua pihak , baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan Kurikulum ini. Semoga Alloh S.W.T. tetap memberikan petunjuk terhadap upaya yang telah, sedang dan yang akan kita lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan. Amin.
Sekaran ,  17 Juli 2014
Tim Penyusun






DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN ……………………………............................ i
KATA PENGANTAR …………………………….........................................ii
DAFTAR ISI.................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang ..................................................................................        1
B. Landasan Penyusunan Kurikulum ......................................................      5
C. Profil Sekolah / Analisis SWOT...........................................................           7
D. Tujuan Pengembangan Kurikulum ..............................................……     9
E. Prinsip Penyusunan Kurikulum ......................................................….      9
F. Prinsip Pengelolaan Kurikulum ..............................................……...       12
BAB II VISI, MISI DAN TUJUAN
A.VISI .......................................................……………….........................       14
B. Misi…………………………………….....................................................  14
D.Tujuan Sekolah ....................................................................................        15
E. Hasil Yang diharapkan..........................................................................            15
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum ...............................................................................        16
B. Muatan Kurikulum ...............................................................................         17  
1. Mata Pelajaran Wajib ......................................................................            17
2. Muatan Lokal ...................................................................................              24  
3. Pengembangan diri ..........................................................................            26
C. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter bangsa..................  34
D. Pengaturan Beban Mengajar ...............................................................       38
E. Ketuntasan Belajar .............................................................................          39  
F. Kriteria Penilaian,Kenaikan kelas, Kelulusan dan Mutasi ...................     41
G. Pendidikan Kecakapan Hidup .............................................................       44
H. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa ...........................................     46
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN ............................................................. 48
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan ..........................................................................................          52
E. Saran ...................................................................................................           53
LAMPIRAN – LAMPIRAN
1. Silabus
                        2. RPP







0 komentar:

Posting Komentar