KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur alhamdulillah, penyusunan Kurikulum SMP
Muhammadiyah 19 Sekaran dapat terselesaikan. Penyusunan kurikulum ini
dilakukan bersama-sama oleh guru,
konselor, komite sekolah, SMP Muhammadiyah 19 Sekaran dengan bimbingan Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Kabupaten Lamongan.
Penyusunan Kurikulum ini dilakukan sebagai aktualisasi kemampuan
profesionalisme guru dibidang pengembangan kurikulum dengan merujuk pada Permendiknas Nomor : 22 Tahun
2006 tentang Standar Isi, Permendiknas Nomor : 23 Tahun 2006 tentang Standar
Kelulusan, Permendiknas Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan
Permendiknas Nomor : 23, 24 , serta Panduan
Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah yang
dikeluarkan oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidkan) Tahun 2006. Serta Permendiknas Nomor 160 Tahun
2014 Tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013
Kami menyadari bahwa Kurikulum yang
telah kami susun ini masih memiliki banyak kelemahan dan jauh dari sempurna.
Oleh karena itu, segala kritik, saran, dan masukan yang kontruktif dari
berbagai pihak yang kompeten sangat kami harapkan. Kurikulum
ini juga perlu dievaluasi dan disempurnakan
setiap tahun sesuai dengan
situasi dan kondisi serta
perkembangan Ilmu pengetahuan
tehnologi dan seni. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ini dimaksudkan dapat
digunakan sebagai pedoman sekaligus sebagai acuan operasinal dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran disekolah .
Akhirnya kami mengucapkan banyak
terima kasih kepada semua pihak , baik
yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan Kurikulum ini.
Semoga Alloh S.W.T. tetap memberikan petunjuk terhadap upaya yang telah, sedang
dan yang akan kita lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan. Amin.
Sekaran , 17 Juli 2014
Tim
Penyusun
DAFTAR ISI
HALAMAN
PENGESAHAN ……………………………............................ i
KATA
PENGANTAR …………………………….........................................ii
DAFTAR
ISI.................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
.................................................................................. 1
B. Landasan Penyusunan Kurikulum
...................................................... 5
C. Profil Sekolah / Analisis
SWOT........................................................... 7
D. Tujuan Pengembangan Kurikulum ..............................................…… 9
E. Prinsip Penyusunan Kurikulum ......................................................…. 9
F. Prinsip Pengelolaan Kurikulum ..............................................……... 12
BAB II VISI, MISI DAN TUJUAN
A.VISI .......................................................………………......................... 14
B. Misi……………………………………..................................................... 14
D.Tujuan Sekolah
.................................................................................... 15
E. Hasil Yang diharapkan.......................................................................... 15
BAB III STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum
............................................................................... 16
B. Muatan Kurikulum
............................................................................... 17
1. Mata Pelajaran Wajib
...................................................................... 17
2. Muatan Lokal
................................................................................... 24
3. Pengembangan diri
.......................................................................... 26
C. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter bangsa.................. 34
D. Pengaturan Beban Mengajar
............................................................... 38
E. Ketuntasan Belajar
............................................................................. 39
F. Kriteria Penilaian,Kenaikan kelas, Kelulusan dan Mutasi ................... 41
G.
Pendidikan Kecakapan Hidup ............................................................. 44
H. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa ........................................... 46
BAB IV KALENDER PENDIDIKAN ............................................................. 48
BAB V PENUTUP
A. Kesimpulan
.......................................................................................... 52
E. Saran
................................................................................................... 53
LAMPIRAN – LAMPIRAN
1. Silabus
2.
RPP
0 komentar:
Posting Komentar